TARI SRIKANDI CAKIL
Tari Srikandi Cakil merupakan salah satu tari gaya Surakarta yang ditarikan oleh penari putra putri dengan latar belakang cerita lakon pewayangan “ Srikandi Meguru Manah“. Tarian tersebut digarap dalam bentuk pethilan (berdiri sendiri) dan menggambarkan seorang prajurit wanita yang berperang melawan raksasa kecil yang bernama Cakil. Cakil merupakan seorang raksasa dengan rahang bawah yang lebih panjang daripada rahang atas. Tokoh ini merupakan inovasi Jawa dan tidak dapat ditemui di India. Perang tersebut dikarenakan Srikandi tidak mau diperistri Prabu Jungkung Mardeya (tuannya Cakil). Perang itupun dimenangkan oleh Srikandi dengan manah sakti yang diberi nama Dakak. Panah sakti tersebut adalah satu panah sakti milik Arjuna.
Tari Srikandi Cakil mempunyai tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Karena tarian tersebut termasuk tarian karakter. Sehingga si penari dituntut tidak hanya bisa menari, tetapi juga harus mampu memainkan karakter Srikandi dan paham betul dengan gending (iringannya). Selain itu penari juga harus bisa antawecana (dialog) dan nembang (menyanyi lagu Jawa) dengan baik dan tepat. Srikandi adalah tokoh putri lanyap, sehingga setiap gerakannya cepat dan tegas. Begitupun dengan gerakan kaki. Karakter Penari Srikandi harus gesit memainkan samparan (jarik berekor yang diselipkan diantara kaki).
TARI SRIKANDI CAKIL
Tari Srikandi Cakil merupakan salah satu tari gaya Surakarta yang ditarikan oleh penari putra putri dengan latar belakang cerita lakon pewayangan “ Srikandi Meguru Manah“. Tarian tersebut digarap dalam bentuk pethilan (berdiri sendiri) dan menggambarkan seorang prajurit wanita yang berperang melawan raksasa kecil yang bernama Cakil. Cakil merupakan seorang raksasa dengan rahang bawah yang lebih panjang daripada rahang atas. Tokoh ini merupakan inovasi Jawa dan tidak dapat ditemui di India. Perang tersebut dikarenakan Srikandi tidak mau diperistri Prabu Jungkung Mardeya (tuannya Cakil). Perang itupun dimenangkan oleh Srikandi dengan manah sakti yang diberi nama Dakak. Panah sakti tersebut adalah satu panah sakti milik Arjuna.
Tari Srikandi Cakil mempunyai tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Karena tarian tersebut termasuk tarian karakter. Sehingga si penari dituntut tidak hanya bisa menari, tetapi juga harus mampu memainkan karakter Srikandi dan paham betul dengan gending (iringannya). Selain itu penari juga harus bisa antawecana (dialog) dan nembang (menyanyi lagu Jawa) dengan baik dan tepat. Srikandi adalah tokoh putri lanyap, sehingga setiap gerakannya cepat dan tegas. Begitupun dengan gerakan kaki. Karakter Penari Srikandi harus gesit memainkan samparan (jarik berekor yang diselipkan diantara kaki). Baik pada saat srisig (berjalan dengan cepat dengan gerak kaki jinjit dan lutut ditekuk sedikit) maupun pada saat perang. Kain samparan tersebut tidak boleh terinjak. Kondisi fisik yang prima serta olah nafas yang baik mutlak diperlukan pada tarian ini. Karena diantara gerak yang cepat dan gesit diselingi antawecana dan tembang.
TARI SRIKANDI CAKIL
Tari Srikandi Cakil merupakan salah satu tari gaya Surakarta yang ditarikan oleh penari putra putri dengan latar belakang cerita lakon pewayangan “ Srikandi Meguru Manah“. Tarian tersebut digarap dalam bentuk pethilan (berdiri sendiri) dan menggambarkan seorang prajurit wanita yang berperang melawan raksasa kecil yang bernama Cakil. Cakil merupakan seorang raksasa dengan rahang bawah yang lebih panjang daripada rahang atas. Tokoh ini merupakan inovasi Jawa dan tidak dapat ditemui di India. Perang tersebut dikarenakan Srikandi tidak mau diperistri Prabu Jungkung Mardeya (tuannya Cakil). Perang itupun dimenangkan oleh Srikandi dengan manah sakti yang diberi nama Dakak. Panah sakti tersebut adalah satu panah sakti milik Arjuna.
Tari Srikandi Cakil mempunyai tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Karena tarian tersebut termasuk tarian karakter. Sehingga si penari dituntut tidak hanya bisa menari, tetapi juga harus mampu memainkan karakter Srikandi dan paham betul dengan gending (iringannya). Selain itu penari juga harus bisa antawecana (dialog) dan nembang (menyanyi lagu Jawa) dengan baik dan tepat. Srikandi adalah tokoh putri lanyap, sehingga setiap gerakannya cepat dan tegas. Begitupun dengan gerakan kaki. Karakter Penari Srikandi harus gesit memainkan samparan (jarik berekor yang diselipkan diantara kaki). Baik pada saat srisig (berjalan dengan cepat dengan gerak kaki jinjit dan lutut ditekuk sedikit) maupun pada saat perang. Kain samparan tersebut tidak boleh terinjak. Kondisi fisik yang prima serta olah nafas yang baik mutlak diperlukan pada tarian ini. Karena diantara gerak yang cepat dan gesit diselingi antawecana dan tembang.
Tari Srikandi Cakil merupakan salah satu tari gaya Surakarta yang ditarikan oleh penari putra putri dengan latar belakang cerita lakon pewayangan “ Srikandi Meguru Manah“. Tarian tersebut digarap dalam bentuk pethilan (berdiri sendiri) dan menggambarkan seorang prajurit wanita yang berperang melawan raksasa kecil yang bernama Cakil. Cakil merupakan seorang raksasa dengan rahang bawah yang lebih panjang daripada rahang atas. Tokoh ini merupakan inovasi Jawa dan tidak dapat ditemui di India. Perang tersebut dikarenakan Srikandi tidak mau diperistri Prabu Jungkung Mardeya (tuannya Cakil). Perang itupun dimenangkan oleh Srikandi dengan manah sakti yang diberi nama Dakak. Panah sakti tersebut adalah satu panah sakti milik Arjuna.
Tari Srikandi Cakil mempunyai tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Karena tarian tersebut termasuk tarian karakter. Sehingga si penari dituntut tidak hanya bisa menari, tetapi juga harus mampu memainkan karakter Srikandi dan paham betul dengan gending (iringannya). Selain itu penari juga harus bisa antawecana (dialog) dan nembang (menyanyi lagu Jawa) dengan baik dan tepat. Srikandi adalah tokoh putri lanyap, sehingga setiap gerakannya cepat dan tegas. Begitupun dengan gerakan kaki. Karakter Penari Srikandi harus gesit memainkan samparan (jarik berekor yang diselipkan diantara kaki).
TARI SRIKANDI CAKIL
Tari Srikandi Cakil merupakan salah satu tari gaya Surakarta yang ditarikan oleh penari putra putri dengan latar belakang cerita lakon pewayangan “ Srikandi Meguru Manah“. Tarian tersebut digarap dalam bentuk pethilan (berdiri sendiri) dan menggambarkan seorang prajurit wanita yang berperang melawan raksasa kecil yang bernama Cakil. Cakil merupakan seorang raksasa dengan rahang bawah yang lebih panjang daripada rahang atas. Tokoh ini merupakan inovasi Jawa dan tidak dapat ditemui di India. Perang tersebut dikarenakan Srikandi tidak mau diperistri Prabu Jungkung Mardeya (tuannya Cakil). Perang itupun dimenangkan oleh Srikandi dengan manah sakti yang diberi nama Dakak. Panah sakti tersebut adalah satu panah sakti milik Arjuna.
Tari Srikandi Cakil mempunyai tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Karena tarian tersebut termasuk tarian karakter. Sehingga si penari dituntut tidak hanya bisa menari, tetapi juga harus mampu memainkan karakter Srikandi dan paham betul dengan gending (iringannya). Selain itu penari juga harus bisa antawecana (dialog) dan nembang (menyanyi lagu Jawa) dengan baik dan tepat. Srikandi adalah tokoh putri lanyap, sehingga setiap gerakannya cepat dan tegas. Begitupun dengan gerakan kaki. Karakter Penari Srikandi harus gesit memainkan samparan (jarik berekor yang diselipkan diantara kaki). Baik pada saat srisig (berjalan dengan cepat dengan gerak kaki jinjit dan lutut ditekuk sedikit) maupun pada saat perang. Kain samparan tersebut tidak boleh terinjak. Kondisi fisik yang prima serta olah nafas yang baik mutlak diperlukan pada tarian ini. Karena diantara gerak yang cepat dan gesit diselingi antawecana dan tembang.
TARI SRIKANDI CAKIL
Tari Srikandi Cakil merupakan salah satu tari gaya Surakarta yang ditarikan oleh penari putra putri dengan latar belakang cerita lakon pewayangan “ Srikandi Meguru Manah“. Tarian tersebut digarap dalam bentuk pethilan (berdiri sendiri) dan menggambarkan seorang prajurit wanita yang berperang melawan raksasa kecil yang bernama Cakil. Cakil merupakan seorang raksasa dengan rahang bawah yang lebih panjang daripada rahang atas. Tokoh ini merupakan inovasi Jawa dan tidak dapat ditemui di India. Perang tersebut dikarenakan Srikandi tidak mau diperistri Prabu Jungkung Mardeya (tuannya Cakil). Perang itupun dimenangkan oleh Srikandi dengan manah sakti yang diberi nama Dakak. Panah sakti tersebut adalah satu panah sakti milik Arjuna.
Tari Srikandi Cakil mempunyai tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Karena tarian tersebut termasuk tarian karakter. Sehingga si penari dituntut tidak hanya bisa menari, tetapi juga harus mampu memainkan karakter Srikandi dan paham betul dengan gending (iringannya). Selain itu penari juga harus bisa antawecana (dialog) dan nembang (menyanyi lagu Jawa) dengan baik dan tepat. Srikandi adalah tokoh putri lanyap, sehingga setiap gerakannya cepat dan tegas. Begitupun dengan gerakan kaki. Karakter Penari Srikandi harus gesit memainkan samparan (jarik berekor yang diselipkan diantara kaki). Baik pada saat srisig (berjalan dengan cepat dengan gerak kaki jinjit dan lutut ditekuk sedikit) maupun pada saat perang. Kain samparan tersebut tidak boleh terinjak. Kondisi fisik yang prima serta olah nafas yang baik mutlak diperlukan pada tarian ini. Karena diantara gerak yang cepat dan gesit diselingi antawecana dan tembang.
Komentar
Posting Komentar